1. Pengertian mengenai Browser, Cookies, Session dan
Bookmark
- Browser
Web Browser adalah
suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau
untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer.
- Cookies
Cookies adalah
data/informasi yang diciptakan oleh suatu website untuk disimpan di web browser,
ketika user sedang menjelajahi website tersebut.
- Session
Session adalah
suatu cara agar suatu variable dapat diakses dibanyak halaman web. Session
biasanya berupa file yang tersimpan di server.
- Bookmark
Bookmark adalah
sebuah Menu pada software aplikasi Internet
yang berisi file Url ( situs )dari situs yang diplih untuk dibukukan.
yang berisi file Url ( situs )dari situs yang diplih untuk dibukukan.
2. Pengertian mengenai Address, URL,
HTTP, HTTPS, Domain Name, Captcha
- Address
Pengertian IP address adalah suatu identitas numerik yang dilabelkan
kepada suatu alat seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam
suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana
komunikasi. Atau dapat juga diartikan
sebagai alamat atau penanda yang menunjukan lokasi tertentu pada penyimpanan
(Storage), misalnya label, nomor, atau nama.
- URL (Uniform
Resource Locator)
URL singkatan
dari Uniform
Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu
format standar tertentu,
yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatusumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
- (HTTP) Hypertext
Transfer Protocol
HTTP adalah sebuah protokol jaringan
lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi,
kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
- HTTPS (Hypertext
Transfer Protocol Secure)
HTTPS adalah
penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan SSL / TLS
protokol. Semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dengan
tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet.
- Domain Name (Nama Domain)
Nama domain (domain name) adalah
nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi
untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server,
selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus
mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga
dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti
contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula
dengan istilah URL, atau alamat
website.
- Captcha
CAPTCHA atau Captcha adalah
suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang
digunakan dalam perkomputeran untuk
memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer.
3. Kapan Internet awal digunakan, dimana, untuk
apa, oleh siapa?
Internet merupakan jaringan
komputer yang dibentuk
oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang
disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency
Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Tujuan awal
dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat
sistem jaringan
komputer yang tersebar
dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah
bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya
informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di
mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum
ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian
proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga
membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu
ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer
dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer
seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal
dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
4. pengertian dari Internet, Intranet dan Ekstranet
- Internet
- Intranet
- Ekstranet
5. Pengertian LAN, WAN, IP, IP Private, IP Publik
- LAN (Local Area Network)
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan
komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan
komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
- WAN (Wide Area Network)
WAN adalah singkatan dari istilah Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup
area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau
bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang
membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
- IP (Internet Protocol)
- IP Public
IP Public adalah IP yang bisa diakses langsung oleh
internet. Jika dianalogikan, IP Public itu telepon rumah atau nomer HP
yang bisa ditelepon langsung oleh semua orang. Alamat-alamat ini ditetapkan
oleh InterNIC dan terdiri dari beberapa buah network identifier yang
dijamin unik (tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama)
jika jaringan tersebut telah terhubung ke Internet.
- IP Private
IP Private adalah IP yang biasanya digunakan dalam jaringan
yang tidak terhubung ke internet atau bisa juga terhubung ke internet tapi
melalui NAT. Analoginya IP private itu telepon lokal dalam kantor/hotel yang
bisa buat telepon-teleponan gratis dalam satu gedung. Nah kalo ada orang
yang mau telepon harus lewat operator dolo (NAT) karena nomer telepon
publicnya cuma satu (hunting).
6. E-Goverment model G2B yang populer di Indonesia dan LPSE termasuk e-Goverment?
Contoh dari aplikasi e-Government berjenis G2B ini
adalah sebagai berikut:
- Para perusahaan wajib pajak dapat dengan mudah menjalankan aplikasi berbasi web untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah dan melakukan pembayaran melalui internet.
- Proses tender proyek-proyek pemerintahan yang melibatkan sejumlah pihak swasta dapat dilakukan melalui website (sehingga menghemat biaya transportasi dan komunikasi), mulai dari proses pengambilan dan pembelian formulir tender, pengambilan formulir informasi TOR (Term of Reference), sampai dengan mekanisme pelaksanaan tender itu sendiri yang berakhir dengan pengumuman pemenang tender.
- Proses pengadaan dan pembelian barang kebutuhan sehari-hari lembaga pemerintahan (misalnya untuk back-office dan administrasi) dapat dilakukan secara efisien jika konsep semacam e-procurement diterapkan (menghubungkan antara kantor-kantor pemerintah dengan para supplier-nya);
- Perusahaan yang ingin melakukan proses semacam merger dan akuisisi dapat dengan mudah berkonsultasi sehubungan dengan aspek-aspek regulasi dan hukumnya dengan berbagai lembaga pemerintahan terkait; dan lain sebagainya.
Contoh linknya seperti:
LPSE TERMASUK E-GOOFERMENT
Karena pada bulan Desember 2007, presiden mengeluarkan Keppres nomor 106 tentang Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Lembaga ini merupakan ‘pemekaran’ Pusat Pengadaan yang sebelumnya berada di Bappenas. Dengan adanya Keppres ini, seluruh tugas menyangkut kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah menjadi tanggung jawab LKPP, termasuk di dalamya pengembangan dan implementasi electronic government procurement.
Sejak awal pengembangannya, LPSE membawa semangat free lisence. LPSE dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan database PostgreSQL. Sistem LPSE diinstal di sistem berbasis Linux.
Karena pada bulan Desember 2007, presiden mengeluarkan Keppres nomor 106 tentang Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Lembaga ini merupakan ‘pemekaran’ Pusat Pengadaan yang sebelumnya berada di Bappenas. Dengan adanya Keppres ini, seluruh tugas menyangkut kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah menjadi tanggung jawab LKPP, termasuk di dalamya pengembangan dan implementasi electronic government procurement.
Sejak awal pengembangannya, LPSE membawa semangat free lisence. LPSE dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan database PostgreSQL. Sistem LPSE diinstal di sistem berbasis Linux.
7. E-Bussiness yang populer di Indonesia
- E-Bussiness yang populer di Indonesia
Kaskus adalah situs forum
komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan
Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal
Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang
sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh
PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna
terdaftar. Pengguna kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang
dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus, yang merupakan singkatan
dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian
berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang,
dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan
September 2011, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 416 juta posting. Kaskus.us
menyediakan berbagai artikel unik dan menarik. Kaskus juga adalah sebuah situs
berbasis bulletin board service atau forum yang menjadi no 1 Indonesia community.
Kaskus juga termasuk forum jual beli. Forum jual beli tersebut diberlakukan
system e-commerce karena transaksi elektronik. Untuk memudahkan kaskus
memberikan transaksi online yang mudah yang dinamakan kaskus e-pay. Dalam hal
jual beli kaskus telah berkontribusi besar bagi dunia e-business di Indonesia.
Untuk itu menurut saya e-bisnis yang terbaik di Indonesia saat ini adalah
kaskus.us. Sebab kaskus memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dibandingkan
dengan yang lain kelebihan-kelebihan tersebut antara lain adalah :
Kaskus berupa forum yang memiliki
anggota terbesar diseluruh Indonesia dan member kaskus biasanya membuat thread
paling update sehingga anda tidak ketinggalan jaman.
The Lounge menyediakan banyak
artikel unik yang sebelumnya mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya.
CCPB mempermudah kita untuk
mencari software serta jamunya(crack)
Kaskus merupakan forum asli
buatan Indonesia
Dalam FJB ( forum jual-beli)
kaskus menyediakan berbagai barang dalam berbagai bentuk dan rupa,
baik baru maupun bekas.
Emoticon serta member kaskus.us
sangat lucu dan humoris. Emoticon lucu ini mampu membuat members terbebas dari
rasa bosan dan jenuh karena tidak hanya disuguhi tulisan kaku, tetapi ada
emoticon gerak.
Kaskus.us menyediakan subforum
yang sangat banyak. Sehingga dapat membuat para membernya nyaman dan lebih
kreatif.
Kaskus.us dapat menjadi forum
kebersamaan serta komunitas tertentu.
E-banking yang populer di indonesia
Tahun 2000, implementasi e-Banking dan mobile banking mulai di lakukan oleh beberapa Bank di Indonesia. Bank di Indonesia mulai memasuki dunia maya.
Tahun 2000, implementasi e-Banking dan mobile banking mulai di lakukan oleh beberapa Bank di Indonesia. Bank di Indonesia mulai memasuki dunia maya.
-
E-Banking yang ada di Indonesia antara lain :• 1998 Sep, Bank Internasional Indonesia https://www.bankbii.com/• 2000, Bank Niaga https://secure.bank2home.com/ib-niaga/Login.html• 2001,BankBukopin https://secure.bank2home.com/appbukopin/login.jsp• 2001, Bank Sentral Asia (BCA) https://ibank.klikbca.com/• 2003, Bank Mandiri https://ib.bankmandiri.co.id/• 2005, Bank PermataNet https://www.permatanet.com• 2006, Bank Permata e-Business https://www.permatae-business.com/• 2007, Bank Negara Indonesia https://ibank.bni.co.id/• Bank Lippo https://ebanking.lippobank.co.id
- Pulsa
E-payment
Ide dasar dari model Pulsa E-payment adalah menggunakan pulsa ponsel sebagai pengganti uang untuk alat pembayaran. Ide ini lahir didorong oleh banyaknya pengguna ponsel yang ada di Indonesia. Menurut peraturan yang dibuat oleh Bank Indonesia (BI) hal ini diperbolehkan dengan merujuk pada Peraturan Bank Indonesia nomor 7/52/PBI/2005 pasal 6 ayat 3. Pihak yang terlibat dalam model pulsa e-payment adalah pengguna pulsa e-payment, operator seluler, merchant, bank dan penyedia layanan pulsa e-payment. Pulsa E-payment memiliki tiga fitur seperti fitur untuk melakukan transaksi jual beli, pengisian dan pengiriman pulsa. Fokus dari model pulsa e-payment adalah pada fitur transaksi jual beli melalui handphone.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar